Tips DIterima Kerja

Dunia perhotelan merupakan industri yang banyak diminati oleh generasi muda di Indonesia, berkarir di hotel bukan hanya menjanjikan karir yang mempunyai karir path yang jelas, gaji, service charge, tip dari tamu dan juga bekerja di hotel membuka jalan untuk travelling keliling dunia.

Setiap tahun ribuan lulusan SMK Pariwisata dan Sekolah tinggi perhotelan yang bersaing mendapatkan pekerjaan di hotel, banyak lulusan pariwisata yang kesulitan mendapatkan kesempatan bekerja pertama kali dihotel, lamaran pekerjaan yang mereka kirimkan tidak mendapatkan tanggapan seperti yang diharapkan.

Banyak faktor yang menyebabkan kesempatan untuk dipanggil interview kerja oleh hotel bagi sebahagian lulusan sekolah perhotelan berbeda beda, dapat lebih besar atau malah tertutup sama sekali bagi sebahagian lainnya.

Berikut 12 Tips Bagi Lulusan Perhotelan untuk Cepat dapat diterima Kerja di Hotel

  1. Jaga Komunikasi Dengan Hotel Tempat Job Training

Setiap lulusan sekolah perhotelan tentunya telah melewati pengalaman JOB TRAINING di dunia kerja pada saat menimba ilmu di sekolah perhotelan, pada saat JOB TRAINING trainee dari sekolah perhotelan ini mendapatkan pengalaman berharga bersentuhan dan mengalami langsung bagaimana suasana kerja yang sebenarnya di industri perhotelan. Selain menimba ilmu langsung di dunia kerja, Trainee dari sekolah perhotelan ini berkesempatan membangun NETWORK dengan pekerja perhotelan di tempat mereka melaksanakan trainee, baik itu karyawan di rank & file, Supervisor, Manager bahakan sampai level General Manager.

Namun sangat disayangkan bagi sebahagian besar trainee ini, ketika mereka kkembali kesekolah, mereka umumnya memutuskan hubungan komunikasi dengan orang orang/ hotelier dimana mereka menimba ilmu selama job trainee.

NETWORKING ini seharusnya menjadi asset yang berharga bagi para trainee yang dapat mereka optimalkan nanti nya sebagai sumber informasi pekerjaan pada saat mereka menyelesaikan pendidikan mereka dan mulai terjun mencari kesempatan di dunia kerja.

 

  1. Kenali Minat dan Keahlian

Mengenali potensi diri sedari awal akan mempercepat sukses di bidang apapun yang anda inginkan, memang tidak jarang beberapa orang baru mengetahui potensi diri yang sebenarnya ketika mereka telah melalui proses mencoba berbagai bidang.

Pentingnya mengenali kekuatan dan potensi diri ini agar kita dapat lebih focus memperdalam pengetahuan dan keahlian kita dibidang yang kita minati tersebut sehingga performa kita akan lebih baik dibanding orang lain. Jika kamu seseorang yang introvert tentunya akan lebih sulit walupun mungkin saja berkarir dibidang yang mengutamakan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik seperti di Receptionist ataupun salesperson. Bisajadi bidang kerja dibelakang layar akan lebih cocok untuk orang orang yang introvert seperti ini, namun tidak menutup kemungkinan Introvert tidak dapat berkembang dan maju di area guest contact asal mereka bias mengatasi rasa grogi ketika berkomunikasi dengan tamu atau orang lain.

  1. Tingkatkan Kemampuan dan Pengetahuan di Bidang Yang Diminati

JIka kamu sudah menetapkan pilihan kepada suatu bidang, maka langkah selanjutnya tingkatkan kemampuan dan keahlian dasar dan keahlian tambahan yang dibutuhkan agar dapat lebih sukses di bidang atau department yang kamu minati tersebut. Seorang lulusan Food & Beverage Service atau Waiter/Waitress tentunya akan mempunyai nilai tambah dimata recruiter jika mampu menjelaskan berbagai hal tentang operasional di Food & Beverages dalam Bahasa Inggris, selain mampu menjelaskan service sequence, proses pembuatan cocktails, Mocktails, aneka kopi dan lain lain

  1. Tingkatkan Kemampuan berbahasa Inggris

Bahasa Ingris sebagai Bahasa global sangat dibutuhkan didalam industri yang bersifat global seperti perhotelan atau pariwisata. Namun sangat disayangkan di lapangan kita lihat tidak lebih dari 20% saja lulusan Sekolah Tinggi Perhotelan yang mampu berbahasa Inggris dengan sangat baik dan tidak lebih dari 40% lulusan saja yang mampu lancar berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Persentase ini akan menurun sampai setengahnya saja jika kita perhatikan lulusan SMK Pariwisata yang ada sekarang ini.

Kondisi seperti ini, walaupun sangat disayangkan tentunya menjadi peluang bagi mereka yang menguasai Bahasa Inggris dengan baik

  1. Persiapkan CV dan Lamaran Kerja yang Menarik

Kwalitas seseorang tidak sepenuh tergantung dari seberapa bagus CV yang dimiliki, namun tidak dapat dipungkiri Curriculum Vitae merupakan refleksi kapasitas seseorang kandidat agar dapat dipertimbangkan dipanggil interview oleh recruiter, karna itu penting sekali seorang kandidat memastikan CV mereka dipersiapkan dengan baik dan menarik agar tidak gagal dalam tahap awal proses recruitment.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mempersiapkan CV seperti Struktur CV dimulai, Photo yang digunakan hendaknya photo formal terbaru, Bahasa yang dipergunakan, sebaiknya menggunakan Bahasa inggris dan pastikan menggunakan Bahasa Inggris yang benar, jika kamu tidak mampu menulis CV dalam bahasa Inggris, dapat meminta bantuan dari orang lain tapi pastikan kamu memahami apa yang tertulis di CV kamu, selanjutnya Career Goal kamu sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan, Profile Summary berisi rangkuman ringkas kapasitas professional yang dapat digunakan oleh recruiter dalam mempertimbangkan seorang kandidat, Daftar Pengalaman Kerja terdiri dari nama perusahaan, posisi diperusahaan tersebut dimulai dari yang pekerjaan yang paling terakhir dibagian atas sampai pekerjaan yang paling terakhir dibagaian bawah agar memudahkan recruiter melihat pengalaman terakhir kamu, tanggal mulai dan berakhir, sangat dianjurkan tuliskan juga keberhasilan atau prestasi yang diraih seperti terpilih sebagai Employee of The Month, Sales Star, Best Grooming etc agar lebih menarik perhatian recruiter, Latar belakang pendidikan dimulai dari pendidikan terbaru diposisi paling atas dan pendidikan terakhir dibawah, dan data data pribadi seperti nama, tahun lahir, alamat, email dan no telp yang bisa dihubungi, pastikan tidak no handphone kamu aktif agar dapat dihubungi oleh calon recruiter.

  1. Penampilan Yang Rapi & Bersih

Berpakaian formal, bersih dan rapi, potongan rambut rapi, make up seperlunya bagi wanita dan pastikan bau mulut atau bau badan tidak merusak kesempatan kamu mendapatkan pekerjaan.

Perlu diperhatikan juga gesture, cara duduk, ekspresi muka pada saat mendapatkan kesempatan dipanggil untuk interview kerja.

  1. Cari Tahu Sumber Lowongan Pekerjaan Hotel

Salah satu kesulitan yang sering dialami oleh lulusan sekolah adalah kurangnya akses informasi tentang lowongan kerja di bidang perhotelan. Dalam era digital seperti sekarang ini, banyak sekali website yang menyediakan informasi lowongam kerja seperti lokerhotel.com, hhrmajobs,com, sbkgroup.id, applyhotel.com, lokerhotelier.com, hotelcareer.com dan website resmi hotel hotel.

  1. Tingkatkan Frekwensi Mengirim Lamaran Yang Baik

Setelah mempersiapkan CV yang baik dan menjual, menguasai teknik menulis lamaran kerja, langkah selanjutnya adalah memasang target berapa banyak lamaran yang ingin kamu ingin kirim setiap bulan sampai mendapatkan pekerjaan di hotel yang diharapkan.

Kebanyakan hotel mengharapkan pelamar mengirim lamaran melalui email, perlu diperhatikan untuk tidak melampirkan file yang terlalu besar seperti dokumen sertifikat sertifikat, karna email yang kamu kirimkan dapat saja terditeksi sebagai spam, cukup mengirim CV dan surat lamaran pekerjaan pada tahap awal.

  1. Buat Account Linkedin

Linkedin merupakan social media platform yang umumnya digunakan oleh professional, di platform ini kita dapat membangun network dengan para hoteliers dan juga mendapatkan informasi informasi terupdate di bidang hotel.

Buat profile linkedin yang baik, dan bangun personal branding kamu agar dapat diperhatikan calon recruiter.

  1. Latihan Interview

Banyak sekali kandidat gagal bukan karna kurangnya pengalamanan atau latar belakang pendidikan namun tersandung oleh ketidak mampuan menghadapi kondisi interview yang bagi sebgahagian orang sangat menakutkan.

Perasaan tidak nyaman dan takut ini dikarnakan proses interview yang jarang dilakukan, solusi dari mengatasi kondisi ini adalah dengan melatih dan membiasakan diri menghadapi kondisi interview didepan cermin dan bersama teman.

  1. Bergerak Cepat Menyambut Kesempatan

Bergerak cepat jika ada kesempatan, jangan menunggu atau menunda nunda dalam bergerak karna kesempatan belum tentu ada setiap saat. Jika mendapatkan informasi kerja segera di follow up dengan mengirimkan lamaran sesegera mungkin sebelum lowongan tersebut di isi oleh orang lain atau deadline lowongan berakhir.

  1. Jangan Terlalu Pemilih

Lulusan sekolah yang terlalu memilih lokasi hotel, jenis hotel, gaji dll banyak menjadi alasan kenapa lulusan sekolah perhotelan kesulitan mendapat pekerjaan. Pekerjaan pertama dalam karir sangat penting dalam membangun portofolio kamu sebagai investasi karir kedepannya.

Kurangi ekspektasi di kesempatan kerja pertama, bagaimanapun juga akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan idaman berikutnya jika kamu sudah mempunyai pengalaman bekerja dibandingkan hanya bermodalkan ijazah kelulusan sekolah.

Jika anda tertarik melihat versi video dari Tips & Trick diatas dapat click link berikut 

https://www.youtube.com/watch?v=AeB2IKuHgX8

 Jangan lupa subscribe agar anda tidak ketinggalan info berikutnya.

Semoga tulisan tentang 12 Tips & Tricks Lulusan Perhotelan agar dapat cepat diterima kerja dihotel ini bermanfaat bagi lulusan sekolah perhotelan.

————————————————————————————————————————————————————

Kamu sales hotel, PIC corporate? dapatkan income sampai ratusan juta perbulan  dari leads yang terbuang dan tidak terpakai dihotelmu.

Bergabung dengan OBBA karna disini leads yang tidak terpakai kamu bisa kamu lempar ke kota atau hotel lain dan mendapatkan komisi sampai ratusan juta per leads nya. Penasaran? segera click link https://obba.co.id/agent/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *