MICE Leads

Dunia perhotelan terus berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan zaman, begitu juga channel distribusi dan sumber revenue stream yang ada di bidang perhotelan.

Jika diawal tumbuhnya industri akomodasi tidak terdapat kases pemesanan kamar yang artinya pengunjung harus datang dan memesan kamar langsung pada saat itu juga. Lalu teknologi berkembang dengan ditemukannya telephone maka pemesanan kamar dapat dilakukan melalui pesawat telpon, seiring perkembangan zaman dengan ditemukannya internet maka pemesanan akomodasi dapat dilakukan lewat email.

Pada tahap awal digitalisasi merambah dunia perhotelan, banyak hotel hanya menggunakan website sebagai etalase informasi namun website hotel tidak dapat dimanfaatkan sebagai sarana penjualan langsung sampai ditemukan teknologi booking engine maka mulailah hotel dapat memanfaatkan website hotel bukan hanya sebagai sarana informasi namun juga  dipakai untuk menjual kamar dan produk hotel lainnya seperti meeting dan lain lain.

Sebelum ditemukannya Online Travel Agent yang dimulai dengan  berdirinya expedia.com ditahun 1996 dan kemudian berdiri lastminute.com di tahun 1998 yang kemudian diikuti oleh OTA lainnya yang banyak kita kenal sekarang seperti booking.com, agoda.com, traveloka.com, Tiket.com dan lain lain, konvensional Travel Agent merupakan salah satu partner utama hotel dalam memaksimalkan penjualan kamar hotel.

Kontribusi OTA kepada hotel saat ini diperkirakan berkisar sekitar 10 – 40% dari total kamar terjual setiap hari nya. Hal ini semakin mengakibatkan ketergantungan hotel kepada Online Travel Agent. Ada 2 sisi dampak dengan semakin menguritanya bisnis Online Travel Agent ini, secara positif tentunya dapat meningkatkan tingkat penjualan kamar hotel, namun disisi lain juga menambah beban biaya komisi yang harus dibayarkan oleh hotel untuk setiap transaksi. Online Travel Agent umumnya membebankan biaya komisi 15 -25% kepada hotel partner.

Tentu sangat disayangkan bagi praktisi perhotelan jika kondisi ini dibiarkan berlanjut terus menerus, bayangkan jika hotel harus mengeluarkan komisi 25% dari harga jual Rp. 400,000/kamar maka online Travel Agent akan mendapatkan komisi Rp. 100,000/kamar dan hotel hanya mendapatkan Rp.300,000/kamar.

Hotel menghadapi dilema, disatu sisi sangat membutuhkan Online Travel Agent dalam meningkatkan penjualan dikarnakan website hotel tidak mampu bersaing dengan Online Travel Agent, dan hotel juga tidak dapat berharap banyak kepada partner konvensional travel agent yang sudah diambil perannya oleh Online Travel Agent.

Disaat seluruh Online Travel Agent seperti agoda, expedia, traveloka, tiket.com dan lain lain yang ada sekarang memfokuskan bisnisnya sebagai channel distribusi pemesanan kamar individual, belum ada aplikasi sejenis online travel agent yang dapat membantu hotel memaksimalkan pemesanan kamar dari group booking dan event seperti meeting, weeding dan lain lain, padahal kontribusi pendapatan kamar dari group booking dan event ini kepada hotel yang saat ini masih dilakukan secara manual dapat mencapai 30 -60% dari total pendapatan hotel.

Dari kebutuhan inilah OBBA.co.id lahir untuk menjadi solusi MICE bagi hotel, dimana sistem yang dibangun obba merupakan bisnis model yang baru didunia yang diluncurkan tanggal 16 Juni 2020. OBBA.co.id sekilas mirip namun tidak sama dengan Online Travel Agent yang ada sekarang ini karna OBBA menyasar market yang berbeda yaitu MICE (Meeting, Incentive, Convention, Exibition) wedding dan berbagai event lainnya dan berbeda konsep dengan portal MICE seperti cvent dan sejenis yang sudah beredar sebelumnya.

OBBA.co.id digawangi oleh Bustamar KOTO & Ersipit Pelawi sebagai Founder dan Co-Founder dan Angkoso Soekadari yang merupakan praktisi perhotelan dengan pengalaman puluhan tahun di dunia perhotelan serta praktisi IT Fikri Ardian yang sudah bergelut didunia IT puluhan tahun.  

Sebulan sejak diluncurkan OBBA.co.id mendapat respon yang sangat positif dengan telah menjalin kerjasama dengan 70 hotel diseluruh Indonesia yang tersebar hampir diseluruh provinsi dan kota besar di Indonesia dan terus bertambah setiap harinya. Demi memastikan penetrasi pasar OBBA Indonesia juga mempuyai perwakilan di beberapa area di Indonesia yang di pimpin oleh praktisi & expert dibidangnya seperti Zulham Achmad untuk area Sumatera, Bachtiar Makmun untuk area Bali & Lombok, Ali & Hadi untuk are Sulawesi & Indonesia Timur. Selain itu divisi Business Development yang di pimpin Riska Tawarniate memastikan  komunikasi OBBA dengan Agent yang mendaftar di OBBA akan dapat berjalan dengan aktif dan komunikatif.

OBBA bukan hanya mampu membantu hotel dalam meningkatkan pendapatan dan mengurangi biaya komisi dikarnakan OBBA hanya membebankan komis 10% kepada partner hotel, namun juga dapat membantu Sales Hotel dalam memanfaatkan lead MICE yang tidak dapat mereka maksimalkan dikarnakan kebutuhan yang tidak sesuai dengan hotel mereka ataupun lead MICE untuk kota lain yang sebelumnya tidak dapat mereka manfaatkan infiormasinya, namun sekarang lead MICE terbuang seperti ini dapat mereka manfaatkan menjadi sumber pendapatan baru dikarnakan OBBA.co.id/agent akan memberikan mereka komisi 5% dari setiap transaksi MICE yang materialized dihotel partner OBBA.

Person incharge yang biasa mengatur kegiatan meeting di suatu perusahaan ataupun institusi lainnya juga dapat menjadi Agent OBBA sehingga mereka tidak lagi perlu repot repot mencari hotel sesuai kebutuhan meeting mereka, namun mereka cukup memasukkan data informasi kebutuhan spesifikasi hotel dan ruangan yang mereka butuhkan ke system OBBA dan hotel partner OBBA sseluruh Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan mereka yang akan menelpon mereka langsung. Bukan hanya pekerjaan mereka sangat terbantu, setiap person in-charge yang memasukkan informasi meeting dan event lainnya tadi juga akan mendapatkan komisi 5% dari total transaksi meeting yang terjadi di hotel partner OBBA.

Didalam konsep bisnis OBBA.co.id setiap orang atau pihak yang terlibat baik itu hotel, sales hotel ataupun pelanggan yang umumnya PIC atau orang yang mengurus kegiatan meeting di perusahaan akan mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya.

Untuk mengetahui lebih jauh bagaimana OBBA dapat membantu hotel dalam meningkatkan pendapatan dari segmen MICE, silahkan click https://obba.co.id/hotel

dan bagi salesperson hotel ataupun person incharge yang mengatur kegiatan meeting diperusahaan perusahaan dan instansi yang ingin mendapatkan extra income sampai puluhan bahkan ratusan juta perbulan dapat mencari tahu bagaiman konsep bisnis OBBA dengan click https://obba.co.id/agent

Video tutorial bagaimana cara medaftar menjadi agent ataupun menjadi hotel partner OBBA dapat di akses di

https://www.youtube.com/channel/UCLlWR5QhSF3hhozZtr-lByQ

______________________________________________________________________________

OBBA terdaftar di AHU sebagai PT. Optima Banda Bersama yang merupakan perusahaan aplikasi yang berbasi teknologi yang dapat di akses oleh hotel melalui web https:obba.co.id atau dapat di download di playstore Obba Indonesia bagi yang beminat menjadi agent OBBA

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi OBBA di 082120238812 atau coo@obba.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *