Ketika disebutkan kata Rendang, tidak dapat dipungkiri yang pertama sekali terbayang difikiran kita adalah Rendang Padang. Padahal Rendang bukan hanya ada di Minangkabau, Sumatera Barat, rendang juga dikenal dibeberapa daerah dan negara seperti di DI Aceh namun memang rasanya agak sedikit berbeda.

Beberapa daerah di Indonesia juga mempunyai masakan Rendang yang umumnya diolah dari daging sapi atau daging lembu, namun dibeberapa daerah di Indonesia rendang dibuat dari daging ayam.

Rendang dinobatkan oleh CNN berkali kali sebagai makanan paling enak di dunia, ditemani nasi goreng juga pernah mengekori rendang di posisi ke 2 dalam 50 makanan paling enak sedunia yang disusun oleh CNN.

Rendang Padang Asli
Rendang Padang Asli Unimar Rendang Sapi

Sejarah Rendang Padang

Keberadaan rendang di Sumatera Barat tidak lepas dari terbukanya jalur pedagangan antara Sumatera dengan Arab dan India sejak abad ke 14. Perdagangan rempah rempah yang terjadi antara masyarakat Minangkabau mampu melahirkan jenis masakan yang kemudian dikenal luas dengan Rendang.

Kebiasaan orang Minang sejak dahulu yang merantau ke berbagai daerah di Nusantara yang dalam perjalanannya membutuhkan waktu yang lama juga mempunyai andil yang sangat besar sehingga rendang Padang dapat dikenal keseluruh penjuru Nusantara. Hal ini dikarnakan Rendang Padang asli yang tahan lama sangat ideal untuk menjadi bekal diperjalanan ketika warga Minangkabau harus melakukan perjalanan jauh berhari hari.

Sebagaimana banyak kebudayaan Indonesia yang di klaim oleh Malaysia, rendang juga sempat menjadi perdebatan apakah Rendang berasal Minangkabau  Sumatra Barat, Indonesia atau Malaysia. Sebenarnya tidaklah aneh jika Malaysia juga menganggap rendang bagian dari makanan asli mereka dikarnakan warga Malaysia banyak yang mempunyai rumpun asli dari Sumatera Barat, bahkan hingga saat ini umumnya warga Manang akan lebih cepat beradaptasi dan diterima jika merantau ke Malaysia.

Bahan Bahan Utama Memasak Rendang Padang

Rendang Padang asli merupakan jenis makanan yang mempunyai campuran rempah yang sangat banyak, namun ada 4 bahan utama dalam pembuatan Rendang Padang sebagai berikut:

Daging Sapi/ Daging Lembu dan Daging Kerbau

Walaupun di beberapa daerah ayam cukup sering dibuat sebagai bahan rending namun ayam tidak lazim dipakai sebagai bahan pembuatan Rendang Minang asli khususnya rending asli yang berasal dari Pariaman. Umumnya rending di Sumatera Barat dibuat dari bahan utama daging sapi, daging sapi juga khusus dipilih daging sapi local dikarnakan tekstur daging sapi import tidak cocok jika dibuat untuk rendang.

Pemilihan daging sapi/kerbau ini sendiri mempunyai Filosofi dimana melambangkan penghormatan kepada kaum tua, itulah kenapa dalam membuat rending akan dipilih sapid an kerbau yang cukup dewasa.

Santan Kelapa

Santan yang didapat dari perasan isi kelapa sangat mendominasi proses pembuatan rendang, jika kuah dari campuran santan ini dimasak masih berbentuk gulai, disebut dengan rendang padang basah, namun umumnya rendang minang asli akan disajikan sebagai rendang kering dan membutuhkan proses pemasakan sampai tidak kurang 3 – 8 jam lebih dan akan menimbulkan efek bumbu berwarna coklat kehitam-hitaman, inilah yang membedakan jenis rendang asli dari Minangkabau dibandingan dengan rendang dari daerah lain.

Ada filosofi yang terkandung dalam Santan, santan dilambangkan dengan keluasan ilmu pengetahuan, itulah sebabnya kadang dalam pepatah Minang jika seseorang itu berilmu tinggi maka dia akan disebut “Basantan”

Pedasnya Cabe

Rendang Minang Asli berbeda dengan rendang dari beberapa daerah lain di Indonesia sangat khas dengan rasa pedasnya, cabe dilambangkan di ranah Minang dengan tokoh ulama yang selalu berkata tegas mengingatkan masyarakat Minangkabau akan Adat basandi sarak, sarak basandi Kitabullah

Kaya Rempah

Rendang Padang asli diperkaya dengan banyak rempah rempah sehingga memang dalam mebuat masakan rendang akan lebih memakan biaya dibandingkan jenis makanan lainnya. Rendang Padang asli mengandung, jahe, lengkuas, kunyit, ketumbar, pala, jintan, cabe, bawang merah, bawang putih, kapulaga dan daun jeruk.

Hal ini melambangkan Masyarakat Minangkabau yang tediri dari berbagai suku seperti Koto, Chaniago, Jambak, Tanjuang, Kuciang dll.

merah, jahe, laos, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk. Diluar itu, orang Minang kadang memberi tambahan rempah lain.

Walaupun rendang merupakan bagian dari budaya yang tidak terpisahkan di masyarakat Minangkabau namun dikarnakan memasak rendang membutuhkan biaya yang cukup tinggi sehingga Rendang tidak akan ditemukan didapur rumah tangga orang Minang setiap hari ataupun setiap minggu.

Namun sudah menjadi tradisi, rendang akan ditemukan di rumah masyarakat Minangkabau, Sumatera Barat pada lebaran Haji dan Lebaran Idul Fitri, walaupun lebih lazim dimasak pada hari raya Idul adha atau hari raya qurban. Sudah dapat dipastikan hamper 100% warga Minang akan menyiapkan rendang sebagai santapan keluarga dan persiapan menjamu tamu tamu yang datang.

Rendang dapat dikatakan STEAK ASLI MINANGKABAU, The King Of FOOD yang menjadi kebanggan masyarakat Minangkabau dan Indonesia khususnya.

Sudahkah kamu mempersiapkan rendang di meja makanmu Lebaran ini? Nggak usah repot repot belajar memasak rendang atau mencari RM Padang yang menjual rendang.

Rendang Padang Unimar merupakan rendang padang asli yang diolah dari sapi pilihan tersedia dalam paket 200 gram dan hanya dijual Rp. 60,000/paket.

Untuk pemesanan rendang Padang asli Unimar dapat menghubungi WA 0816974462 atau bisa juga memesan rendang special ini di Tokopedia dengan link https://tokopedia.link/4UH0WXTOx6

Ditulis oleh

Bustamar Koto untuk Marko Food

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *